Pages

Selasa, 28 Juni 2011

Smartfren AC682 on openSuSE 11.4 Celadon

Hadeuh.... udah lama blog ga diupdate... ckckckck... gara-gara belum dapet ide mau ngepost apa, jadi ya ngga diupdate, hahahaha...
Pada post-post-an sebelumnya saya lebih banyak membahas ubuntu, nah sekarang saya beralih dulu ke openSuSE, pengen ngerasain distro dari Red Hat ini, hehehe... dah lah ga usah basa-basi lagi, takut tambah basi, hehehe...
To The Point.... BAGAIMANA Mengkoneksikan Modem smartfren connex AC682, neh Screensoot si Modemnya :
[Langkah 1] Tancapkan modem smartfren ke lappy masing2;
[Langkah 2] Masuk Terminal ketik : lsub
neh Screenshootnya:
Sekarang kita liat dengan dmes | tail , screenshoot:

Wah, ternyata si modem masih ngeattach scsi CD-ROM di sr1, pie to?? lanjut langkah berikutnya:

[Langkah 2] Eject sr1, dengan perintah : eject /dev/sr1 dan setelah di eject tampilan lsusb menjadi :
 yang tadinya 19d2:ffde sekarang sudah menjadi 19d2:ffdd, yang berarti sr1 udah di eject, lanjut ke langkah berikutnya

[Langkah 3] Masukan parameter usbserial, dengan cara ketik : sudo /sbin/modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0xffdd (openSuSE) dan kalo di ubuntu sudo modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0xffdd
[Langkah 4] konfigurasi wvdial, ketik sudo wvdialconf
[Langkah 5] Edit konfigurasi wvdial di /etc/wvdial.conf
Screenshoot wvdial.conf

[Langkah 6] tinggal konek aja, ketik sudo wvdial
Screenshoot Koneksi Berhasil:
 
Catatan:
-Jika pada Wvdial terdapat pesan nameserver(DNS) failure, connection may not work
Silakan periksa di resolv.conf, dan masukan DNS, Screenshoot resolf.conf saya :
 Koneksi akan berhasil, karena sebelumnya saya mengalami problem ini..

- Saya memakai wvdial versi 1.6, bisa di di install lewat YaST (openSuSE) atau Synaptic package manager (ubuntu).

Terima Kasih





===>>>SALAM<<<=====

5 comments:

david ridsan mengatakan...

gan gw dah coba nih make wvdial tp semua dah di setting kyk agan yg diatas tp knp error ya??? gini ni : phone,name login,password not responding gmn ya ane make ubuntu nihhh???

logout mengatakan...

kalo not responding mah, biasanya modemnya belum nangkep sinyal, coba ikuti settingan wvdial.conf seperti saya

Unknown mengatakan...

gan cara instal wvdial di opensuse gmna?

kupinx mengatakan...

Ane colokin ko yg ada 19d2:ffde tapi malah 201e:1024 kalo ga slah. Kenapa ya gan? Mohon panduannya.

Pak Judin mengatakan...

saya pake openSUSE11.1, apakah support?
izin save artikelnya ya, buat praktek ntar
nb: ip smartfren kan dynamic, jadinya tiap mau pake berarti harus setting ulang lagi. benar begitu?
http://www.sirodjudin.com

Posting Komentar

ShareThis