Pages

Selasa, 20 April 2010

Ganti Soundscheme Ubuntu 9.10

Soundscheme mungkin udah pada tau kegunaannya buat apaan. Mungkin Ga usah dijelasin lagi tentang SoundScheme, atau bisa dibilang Sound Theme, maksudnya adalah Bunyi-bunyi atau suara bawaan tema yang kita install di dalam sebuah OS...
Buat para pengguna windows mungkin akan dengan sangat mudah untuk meng-Customize soundschemenya... Tapi bagaimana bagi para pengguna Ubuntu ?? Santai Saja, bagi para pengguna ubuntu ga usah terlalu dipikirin, karena mengcustomize sound schemenya sangat gampang... Caranya Like THIS :

1.Bikin sendiri soundscheme sendiri, dimana formatnya harus .ogg, dan nama filenya harus : bell.ogg, button-pressed.ogg, button-togle-off.ogg, button-toggle-on.ogg, desktop-login.ogg, desktop-logout.ogg, dialog-error.ogg, dialog-information.ogg, dialog-question.ogg, dialog-warning.ogg, message-new-instant.ogg, phone-incoming-call.ogg, phone-outgoing-busy.ogg, service-login.ogg, service-logout.ogg, window-slide.ogg tempatkan dalam satu folder stereo. atau lebih mudahnya kita download aja langsung ke http://www.gnome-look.org, cari soundscheme atau soundsystem yang ingin kita pakai.

2. Setelah Mendownload atau membuat soundsheme sendiri tinggal membuat file index.theme yang isinya adalah :

[Sound Theme]
Name=Terserah
Directories=stereo

[stereo]
OutputProfile=stereo

simpan dengan nama file index.theme dan simpan diluar folder stereo dan tempatkan kedua file dan folder tersebut ke dalam satu folder Terserah. Atau File Yang download-an, pastikan pada file hasil download tersebut file index.theme harus ada.

3. Setelah selesai mari kita copy-kan folder terserah tadi ke usr/share/theme (harus root), jika folder tadi ada gambar gembok atau tanda X itu menandakan bahwa dia adalah milik root, kemudian rubah permission folder tersebut dengan chmod.

4. Masuk ke System--->preferences--->sound dan pilih sound theme yang sudah dibuat tadi, yaitu terserah..

----SELAMAT MENCOBA----
Gambar Menyusul..




0 comments:

Posting Komentar

ShareThis