Pages

Senin, 07 Juni 2010

Custom Usplash and Xsplash Ubuntu 9.10

Berikut ini adalah screenshot usplash dan xsplash dari distro yang saya remaster sendiri :




berikut ini saya akan sedikit menjelaskan cara membuat Usplash (user splash) dan x splash di ubuntu 9.10.

untuk usplash silahkan download dulu package png to splash untuk mengcompile dari Png ke bitcode bahasa C dan dimake maka akan berbentuk .so, berikut adalah link download dari source code Usplash (dah saya edit sedikit, cz source code yang asli tidak bisa berjalan dikomputer saya) http://www.4shared.com/file/Go7V-sfR/usplash-theme-ubuntu2tar.html, jika source code tersebut sudah didownload, maka tinggal diekstrak saja. jika sudah diekstrak, maka masuk ke direktori ekstrak-an tadi dan lihat banyak gambar yang sudah ada, nah.. kalian tinggal ganti saja gambar tersebut. Ingat !!! gambar tersebut harus diindex, kalo di GIMP itu perintahnya image---> Mode ---> indexed, dan formatnya harus .png... kalo udah buat gambar masing-masing, maka kita tinggal masuk ke terminal dan masuk ke direktori tadi dann ketik make, maka file usplash-theme-ubuntu.so akan terbentuk... sekarang tinggal dicopy saja file tersebut ke usr/lib/usplash... jika udah tinggal test saja dengan mengetik sudo usplash... selesai...
Nih... untuk custom xsplash file contoh bisa di download hasil kreasi saya http://www.4shared.com/file/JNQZSnMw/xsplash-proIDiatar.html dan copy kan isi folder tersebut ke usr/share/images/xsplash..
Keterangan lebih lanjut :
untuk membuat xsplash macam yang saya bikin, kalian tidak perlu membuat logo ubuntunya, karena logo tersebut sudah saya sertakan di throbber, nah kalian tinggal mengganti throbber sesuai selera kalian.. cara bikin gambar throbbernya, yaitu dengan cara kalian bikin gambar 50 buah dalam satu canvas besar, seperti yang saya buat untuk throbber, yaitu ukuran canvasnya adalah 266x5100 dan untuk ukuran gambar kecilnya saya buat dengan ukuran 266x105 px...
Jika sudah membuat throbbernya tinggal diberi nama saja seperti yang saya buat... dan kopikan ke direktori /usr/share/images/xsplash, dan di test dengan sudo xsplash ... mudah kan...
Terima kasih.. Gambar mungkin menyusul...

0 comments:

Posting Komentar

ShareThis